Apa, Bagaimana, dan Manfaat dari SENYUM

Berkerut maka kamu akan mengkerut sendirian, tetapi senyumlah dan seluruh dunia tersenyum bersamamu. Tidak sembarang senyum tapinya. Dengan 19 variasi senyuman, termasuk 16 senyuman yang muncul karena perasaan bahagia, senyum adalah bagian terpenting dalam hidup kita. Tersenyum adalah cara alami untuk membuat dirimu dan orang lain merasa benar-benar bahagia.

Nikmati banyak manfaat dari senyuman. Untuk membantu dalam tersenyum, kita patut mengetahui manfaat dari senyum itu sendiri untuk mencerahkan hari2 kita. Berikut adalah manfaat senyuman yang dapat mendorongmu untuk berbagi senyuman kepada sesama:

  • Senyuman dapat meningkatkan penampilanmu. Charles Gordy pernah berkata, “Sebuah senyuman adalah cara paling murah untuk ,erubah penampilanmu”. Yang perlukan kau lakukan adalah bagaimana perasaanmu ketika melihat seseorang cemberut dan seseorang tersenyum – siapa yang terlihat lebih menarik?
  • Senyum berkata lebih banyak daripada mulut kita sendiri. Jika kamu melakukan kesalahan, mengucapkan sesuatu yang salah, merasa tersesat atau kesepian, atau merasa down, sebuah senyuman dapat memperbaiki hal2 tersebut. Sebuah senyuman mengisyaratkan kepada orang lain kalau kamu siap terbuka dengan mereka, dan kamu setuju untuk memperbaiki satu hal jikalau diperlukan.
  • Senyuman menciptakan kepercayaan dan hubungan baik. Sebuah senyuman adalah cara yang tepat untuk membangun rasa berada dalam level yang sama satu sama lain, baik itu berdua atau di depan sebuah grup ketika meberikan presentasi. Sebuah senyum mengisyaratkan, “aku OK, kamu OK, dan kita akan menikmati percakapan ini.”
  • Senyuman membuamu merasa laebih baik. Bahkan ketika kamu merasa sedih, masukkan pikiran menyenangkan dan tambah sebuah senyum. Senyuman itu akan mengelabui pikiranmu untuk merasa lebih baik, sama dengan endorphins dilepaskan untuk mengurangi stres fisik dan mental.
  • Senyuman membuat orang lain merasa lebih baik. Sebuah senyum lebar dapat terlihat dari jauh daripada cemberut, menawarkan orang lain kepastian bahwa kamu bersahabat. Dan senyum mebuat orang merasa lebih baik ketika dilihat dari jauh maupun dari dekat.
  • Senyuman adalah jaminan hidup bahagia untuk jangka panjang. Tersenyum dapat membuat kita sehat, bahagia, menambah teman, meraih kesuksesan dan hidup lebih lama.

Merasa nyaman dengan tersenyum. Jika kamu tidak terbiasa untuk tersenyum, mengatasi kegugupan atau rasa sinis akan senyuman memerlukan banyak latihan tetapi seperti sebuah kebiasaan, dapat mudah dirubah pada satu waktu. Beberapa hal yang harus diingat:

  • Sebuah senyuman selalu terlihat bagus. Merasa gugup tentang keindahan atau penampilan senyumanmu adalah hal yang tidak perlu. Percayalah bahwa senyummu membuatmu lebih baik.
  • Sebuah senyuman itu profesional. Tersenyum pada saat bekerja atau kegiatan profesional lainnya tidak akan membuatmu terlihat tidak profesional. Malah sebaliknya, sebuah senyum akan membuatmu terlihat membumi dan mudah untuk didekati. Orang akan menghargai penghargaanmu atas usaha mereka dan pekerjaan yang sukses ketika kamu tersenyum.
  • Sebuah senyuman membuatmu nyata. Ketika kau taku terlihat rapuh ketika tersenyum, terima saja bahwa segala bentuk kerapuhan yang diakibatkan oleh senyuman itulah yang membuatnya menjadi sebuah kekuatan. Kau membuka dirimu kepada orang lain dan mereka akan merespon lebih baik daripada ke orang yang serius dan terlihat kaku. Lebih jauh, senyuman dibarengi dengan sikap yang tegas akan membendung orang lain yang akan memanfaatkan senyumanmu untuk menindasmu.

Jadikanlah senyummu itu asli. Meski masih sangat memungkinkan untuk tersenyum ketika kamu merasa down, marah, terganggu, sebuah senyum tulus sangat sulit untuk di palsukan, memang, hanya sekitar 10% dari populasi dunia yang dapat melakukannya. Sebuah senyum tulus dapat dideteksi oleh orang lain karena dilengkapi oleh aura yang cerah (meski kasat mata), mata yang ikut tersenyum dan sebuah perasaan nyaman yang dirasakan ketika kamu ada disitu. Sebuah senyum yang tulus ada karena kamu merasa bahagia dan tersenyum dari hati.

  • Berpikir hal yang menyenangkan. Cara termudah untuk tersenyum adalah dengan merasa bahagia. Bayangkan seseorang yang kamu sayang (mungkin orang itu berdiri di depan kamu sekarang), tentang sesuatu yang kamu kerjakan dengan senang hati, atau ingat2 sebuah lelucon yang sangat lucu, atau bisa juga tentang saat paling membahagiakan dalam hidupmu.
  • Jadikan senyum itu tulus. Rasakanlah apa yang kamu rasakan dari dalam hati, tidak hanya sesuatu yang masuk di akal. Ketika kamu dihadapi dengan orang yang membuatmu merasa bertentangan antara akan tidak mempedulikan dia atau tersenyum, cari sesuatu yang positif tentang orang tersebut atau situasi yang kamu sedang hadapi, dan gunakan itu untuk membuatmu tersenyum.
  • Sayangi sesama dan hidupmu. Sangatlah mudah untuk menghasilkan senyuman yang bersahabat, supel dan tulus ketika kamu melakukan sesuatu yang kamu suka, ketika kamu berada di antara orang yang kamu sayang, dan ketika kamu menyayangi manusia pada umumnya. Bersyukurlah atas apa yang kamu punya maka senyum itu akan datang dengan sendirinya secara alami.
  • Ceria. Waktu yang ketat dapat membuat kita menjadi serius. Lihatlah hidup itu sebagai petualangan, berbaiklah pada dirimu sendiri dan lihat anak-anak kecil bermain. Menjadi orang yang ceria dapat membuatmu lebih mudah tersenyum.

Tersenyumlah dengan matamu. Sebuah senyum dari hati dengan alami akan tergambar di mata. Kadang kita suka mendengar seseorang berkata “mata dia tersenyum”, atau “dia tidak bermaksud seperti itu, dia tersenyum tapi matanya tidak”. Mata adalah bagian penting untuk sebuah senyuman hangat dan tulus. Matamu tampak bersinar, berpendar, dan mencerminkan kebahagiaanmu. Sangat sulit untuk dipalsukan kecuali benar2 niat. Kamu dapat mencoba latihan ini:

  • Untuk mendapatkan rasa bagaimana matamu tersenyum, berdirilah di depan cermin dan berlatihlah tersenyum, namun konsentrasi pada bagian matamu. Kamu akan merasa terbantu dengan menutup bagian bawah wajahmu dengan selembar kertas. Bereksperimenlah sedikit dan kamu temukan bahwa kamu dapat membuatmu mulutmu tersenyum tapi matamu tidak ikut tersenyum, dan kamu juga dapat tersenyum hanya dengan matamu. Ketika matamu tersenyum, ingatlah bagaimana rasanya, otot mana yang bekerja dan bagaimana caranya. Dengan latihan, kamu dapat tersenyum dengan matamu kapan saja dengan mengandalkan perasaan dan memori otot.

Latihlah senyummu. Tidak ada ruginya kamu berlatih dengan senyummu-dengan melakukan hal tersebut kamu dapat meningkatkan kepercayaan dirimu, kesejahteraanmu dan membantumu mendapatkan senyum yang sempurna. Lihat foto kamu ketika tersenyum, dengan mulut tertutup, mulut terbuka dan dari sudut yang berbeda. Pose senyum mana yang paling membuatmu terlihat cerah? Senyum yang seperti apa yang menampilkan sisi terbaikmu? Senyum alami terbaik yang mana?

  • Temukan foto yang dimaksud dan fokuskan pada apa yang wajahmu ekspresikan. Kemudian berlatihlah di depan cermin sampai dapat. Tetaplah berlatih, dan perhatikan bagaimana rasanya senyum itu, sehingga kamu dapat melakukkannya tanpa bantuan cermin. Nantinya senyum itu akan menjadi kebiasaan dan kamu akan merasa lebih fotogenic pada foto2 berikutnya.
  • Jika kamu ingin mengembangkan senyummu, lihat foto senyuman yang kamu anggap bagus. Juga, ingat kamu itu cantik/tampan (luar dan dalam); senyummu akan terlihat lebih baik ketika kamu merasa senang pada dirimu sendiri.
  • Catat perbedaan antara senyum dan seringai. Seringai mempertunjukann lebih banyak gigi (ingat Cheshire Cat) dan tidak terlihat bagus bagi beberapa orang, mungkin beberapa menganggapmu terlihat lucu. Jika kamu terbiasa menyeringai dan tidak membantu penampilanmu sama sekali, coba perlihatkan susunan gigi atasmu saja.
  • Ketika menunjukan gigimu, menekan lidah di belakang gigi akan membuat rongga antar gigi tidak terlihat.
  • Belajarlah tersenyum pada sembarang orang yang tidak dikenal. Pilih2 ketika kamu akan melakukannya, lakukan kontak mata sebentar, dan senyumlah. Ketika kau tersenyum, ingat kembali pikiran yang menyenangkan (berguna ketika naksir seseorang). Jangan memilih orang yang memakai kacamata hitam; kamu perlu melihat mata mereka. Tidak semua orang akan membalas senyummu tapi coba bayangkan rasanya jika ada yang membalas!

Bersiaplah ketika merasa sulit tersenyum pada satu situasi. Ketika ada yang menuntut kita untuk tersenyum pasti akan terasa sulit, baik itu ketika akan di foto atau menyenangkan hati ibu pada saat saudara yang menyebalkan datang berkunjung. Ini terjadi karena dirimu sadar penuh atau kau tidak punya alasan yang cukup untuk tersenyum tulus, senyuman perlu datang dari memori yang menyenangkan bersamaan dengan hal2 lucu yang muncul di kepala.

  • Ketika di foto, kau akan tersenyum 20% lebih dari yang dibutuhkan.
  • Tersenyum lebar dan tunjukan deretan gigi bagian atas.
  • Kembali langkah awal dimana kamu memikirkan hal yang menyenangkan dan melatih senyumanmu. Ketahuilah bahwa kamu dapat melakukan ini semua tanpa harus berpura-pura. Hasilnya, ketika bertemu orang yang menyusahkan dalam hidup, memberikan senyuman kepadanya dapat diartikan kamu dapat menerima dia apa adanya, daripada harus menghawatirkan apa pengaruh mereka padamu.

TIPS

  • Kesempatan untuk tersenyum selalu ada disekitar kita. Manfaatkan sebaik-baiknya.
  • Kamu tidak perlu memiliki gigi yang sempurna untuk memiliki senyum yang sempurna. Tidak semua orang memiliki gigi yang sempurna dan itu bukanlah masalah. Gigi yang bagus memang indah, namun senyum yang sempurna tidak harus bergantung pada standar gigi para foto model. Dengan itu jika kamu tidak merasa pede dengan gigimu, mungkin kamu juga akan segan untuk tersenyum, dan itu tidaklah bagus. Jika memang itu masalahnya, cobalah menghargai dirimu sendiri atau mencari produk perawatan gigi. Atau bahkan kamu bisa tersenyum dengan mulut tertutup, tidak masalah.
  • Pakailah baju yang ikut ‘tersenyum’. Tambahkan aura positif pada bahasa tubuhmu. Kuning adalah warna yang melambangkan dapat diandalkan. Kuning muda adalah warna yang tidak mengancam atau bersahabat. Warna hangat dari turunan kuning berarti menerima. Warna emas, coklat, oranye emas adalah warna yang melambangkan teman yang dapat diandalkan. Biru adalah warna yang menenangkan dan pasif. Dalam bahasa visula biru muda berarti ketenangan dan kedamaian. Hindari warna merah karena warna tersebut dapat diartikan agresif dan mengancam.
  • Kamu mungkin pernah mendengar senyum yang bikin ketagihan atau menular. Adala alasan dibalik pernyataan tadi-ketika kamu tersenyum, senyum itu dapat mempengaruhi orang lain untuk ikut tersenyum. Bahkan pada saat penuh dengan stres, ruangan yang penuh dengan senyuman dapat merubah mood orang jadi lebih cerah.
  • Pernah tertawa histeris pada sesuatu yang baru pertama kali kamu lihat? Ingatlah terus tetapi tertawalah sedikit dan sekarang kamu memiliki senyum indah yang alami.
  • Banyak lelaki merasa tidak nyaman untuk tersenyum kepada orang yang belum mereka kenal, terutama laki2 lain. Jika itu masalahnya, maka sapa saja dia.
  • Cobalah senyuman ringan: jangan terlalu memperlihatkan gigi seperti pada saat kamu tertawa. Itu adalah senyum terbaik untuk flirting – ringan dan menggoda.
  • Jika ada salah satu gigimu yang mencuat keluar sedikit, seperti yang dilakukan banyak orang, coba agar bibirmu berada di posisi diatas gigi tadi sehingga tidak nyangkut ketika kamu tersenyum.
  • Jangan membandingkan dirimu dengan selebriti yang kau lihat di tv, foto, dll. Karena mereka berpura-pura tersenyum. Jadilah dirimu sendiri, jadilah alami, dan original. Semua orang mempunyai senyum yang menunggu untuk keluar dari diri mereka.
  • Ketika kamu tersenyum anggap saja itu sama seperti pada saat kamu tertawa.

WARNINGS

  • Sebuah senyum palsu dapat membuatmu kelihatan gugup atau bahkan berbahaya, jadi jangan pernah tersenyum sebelum kamu berlatih atau menempatkan pikiranmu pada hal yang menyenangkan. Kamu dapat mengenali senyum palsu dengan senyum tulus – sebuah senyum palsu adalah ketika ujung mulut tidak ketarik ke atas, tanpa perubahan pada ekspresi matanya. Kau menyadarinya pada saat kamu melihat bahasa tubuhnya yang membingungkanmu dengan tujuan sebenarnya tersenyum; dan jika kamu yang tersenyum palsu, periksalah emosimu untuk mengetahui apakah kamu niat dengan senyumanmu tadi.
  • Coba agar tidak ada bekas makanan menyangkut di gigimu karena nanti kamu akan meninggalkan kesan yang tidak baik. Cepatlah pergi ke toilet setelah makan dan secepatnya dibersihkan; hal ini sangat penting jika kamu mengetahui bahwa gigi kamu suka tersangkut sisa makanan.
  • Tidak ada penelitian secara ilmiah menyangkut perbandingan berapa banyak otot yang bekerja ketika tersenyum dibandingkan ketika cemberut. Mungkin lebih baik untuk kita terima dengan lapang dada bahwa tersenyum itu sangat banyak berguna untuk jangka panjang, sangat banyak manfaatnya.

Source

Advertisements

Pesan dan Kesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s