Corporate Interview V.S Facebook and Twitter Account

Beberapa hari yang lalu, di prakarsai oleh buah pemikiran sodari @bijuk yang gw follow di twitter, ada sebuah tema yang menurut gw cukup menarik untuk diulas. Disinyalir belakangan ini makin banyak perusahaan yang menanyakan akun Facebook atau Twitter calon pegawai yang sedang di interview.

Kalo menurut gw pribadi, sangat tidak relefan apabila perusahaan dimana kita mencari nafkah harus mengetahui kehidupan pribadi kita di facebook atau twitter.

FB dan twitter adalah social tool, tempat dimana kita bergaul dengan orang lain, sebuah kehidupan lain di dunia maya dimana interaksi tidak terbatas dan bisa dibilang bebas. Tempat dimana kita mengeluarkan uneg2 yang tidak bisa kita keluarkan di dunia nyata, It’s easier to express our feeling through the net more then the real world.

Si bos kalau mau tau fb atau twitter pegawainya HANYA untuk mencari tau seperti apa sih kelakuan si pegawai…hal itu sama sekali tidak masuk di akal malah bisa dibilang privacy violation. Tidak bisa kita mencampur-adukkan profesionalitas dengan kehidupan sosial. Udah cukup gw kerja di kantor lo, elo bayar gw atas pekerjaan gw…THATS IT!!!

Beda lagi kalo si bos ternyata berkelakuan keluaran RSJ terdekat, wajib di follow itu sih 🙂

Janganlah menjadikan fb atau twitter tolak ukur kapabilatas seseorang dalam bekerja.

Apa saat ini sebuah perusahaan melihat calon pegawainya berdasarkan siapa yang dia follow? “oh dia following @tifsembiring, ok kita terima” atau “hah, ni orang doyan #momotwit, pasti kerjaannya juga ga move on”…kan ga kayak gitu dunia kerja bergerak.

Kalo ada perusahaan yang ngecek akun FB ato Twitter si calon pegawai untuk menimbang diterima atau tidaknya si calon pegawai…HRDnya kudu di C.T Scan otaknya.

Dah ah, uneg-uneg…oh uneg-uneg~ *tarik selimut* *ngetwit lagi*

2 responses to “Corporate Interview V.S Facebook and Twitter Account

    • berarti bener…harus diperiksa tuh otak HRD XD.
      bener, HRD ga akan ‘usil’ juga kalo ga ada perintah dari atasan, klo gw pribadi jadi seorang HRD “ngapain ngurusin fb ato twitter orang…yg follow gw aja sedikit” hahahaha
      thank you for your comment 🙂

Pesan dan Kesan

